Senin, 05 Maret 2012

Mempercepat Loading Blog

Ini tentang pertanyaan saya dulu. Bagaimana caranya untuk mempercepat loading blog? Jawaban yang sering saya dapatkan adalah dengan cara compress. Saat itu saya benar benar kebingungan dengan istilah compress. Dalam bayangan saya, compress adalah saat kita sedang demam dan ada yang memberi sapu tangan basah di dahi kita. Ternyata imajinasi saya mendekati kebenaran.

Rekan Blogger, compress adalah cara jitu untuk mempercepat loading blog. Caranya juga mudah, kita bisa melakukannya secara online. Baiklah, akan coba saya tuliskan di sini.

Ada dua macam compress. Yang pertama compress gambar / image yang termuat di blog, yang kedua adalah Compress KODE CSS dan Javascript.

Cara compress image :

Image bisa dikompresi secara online dengan memanfaatkan layanan IMAGE OPTIMIZER atau layanan lain yang sejenis (bisa googling dengan kata kunci JPEG Compressor). Kompresi gambar akan dapat mengurangi ukuran gambar antara 30 hingga 50 persen tanpa (terlalu banyak) mengurangi kualitas komposisi warna image.


Contoh Hasil Kompresi

Contoh Compress, Contoh Hasil Kompresi

Itu tentang cara kompresi gambar pada blog kita. Sekarang mari kita bicarakan tentang cara kompresi Kode CSS dan JavaScript pada Template.

Metodenya sama dengan saat kita mengkompresi size image. Tapi di sini kita butuh jasa / layanan yang lain. Untuk kompresi Kode CSS dan JavaScript, bisa menggunakan layanan gratis dari Online YUI Compressor. Atau jika anda memiliki referensi lain, silahkan dimanfaatkan.

Untuk membedakan mana yang Kode CSS dan mana yang Javascript, silahkan baca postingan SIPICU yang berjudul Berkenalan Dengan Bahasa HTML.

Itu saja postingan SIPICU tentang mempercepat loading blog. Sebagai ruang tester (melihat statistik dan analisis speed blog anda), bisa di lihat di GTMetrix. Atau bisa cek di layanan online di bawah ini.

1. Website Optimization
2. Iwebtool Speed Test
3. Stopwatch
4. Pingdom

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar