Senin, 27 Februari 2012

Cara Mencantumkan Kode HTML di Artikel Blog

Setiap kali saya melihat sebuah blog yang bisa menuliskan kode HTML dalam tulisannya, saya selalu bergumam dalam hati. Kok bisa ya? Bagaimana caranya?

Contoh penulisan kode : ]]></b:skin> atau <b:skin><![CDATA[/* atau </head> dan masih banyak lagi.

Bagaimana mereka melakukannya? Ya, itu pertanyaan saya sekitar 4 tahun yang lalu. Sekarang saya tidak bertanya tanya lagi karena sudah mengerti caranya.

Untuk bisa mencantumkan kode HTML dalam tulisan, ada dua cara. Cara manual dan cara parse. Kita bahas yang pertama dulu.
Cara manual :

1. Ganti setiap kode < dengan &lt;

2.Ganti setiap kode > dengan &gt;

3.Ganti setiap kode ' dengan &#39;


Cara Parse :

Yang saya maksud dengan cara parse adalah menggunakan layanan penyedia parse (kompres) otomatis. Ini lebih mudah dan hemat waktu.

Dari beberapa penyedia parse HTML encoder, saya menyarankan anda untuk memanfaatkan layanan Opinionatedgeek DotKom. Bukan apa apa, ini hanya karena saya terbiasa menggunakan layanan parse di sana. Jika mungkin sedang error, anda bisa memanfaatkan layanan parse di BlogCrowds.

Perhatikan Gambar di Bawah Ini


Setelah anda perhatikan gambar di atas, silahkan meluncur ke halaman Opinionatedgeek DotKom, maka berikut ini langkah sederhana yang harus dilakukan :

Anda hanya tinggal copy kode yang ingin ditampilkan pada kotak yang di atasnya tertulis Encode input text. Langkah selanjutnya, klik tulisan Encode yang tertera di bawah. Selesai, kode parse sudah siap di letakkan dalam postingan.

Semoga bermanfaat..

2 komentar:

  1. menarik nih tipsanya..thanks ya..

    kunjungan pertama
    salam kenal dan follow balik juga
    Revolusi Galau

    BalasHapus